Sunday, May 5, 2013

Tips Menghitung Berat Badan Ideal

Tips menghitung berat badan ideal
BMI atau body mass index seseorang, diukur menurut berat serta tinggi badan. Perhitungan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah berat badan seseorang berada di bawah normal (underweight), di atas normal (overwight), atau jauh diatas normal (obese).
BMI tidak diukur menurut jenis kelamin maupun umur, selain itu BMI juga tidak dapat dihitung bila orang tersebut didalam situasi hamil, pada olahragawan, serta anak-anak, dikarenakan mereka tetap didalam tahap tumbuh kembang.

Pada tulisan kali ini akan dipublikasikan kepada Anda tentang bagaimana seharusnya cara yang dilakukan untuk mengukur berat badan yang benar dan ideal. Dalam hal ini akan disertakan kepada Anda rumus perhitungan BMI yang sesuai dengan standart internasional. Adapun rumus perhitungan BMI tersebut adalah sebagai berikut:

Berat badan / ( tinggi badan/100 )²

Contoh, bila berat badan seseorang adalah 50 kg serta tinggi badannya 160 cm, langkah mengkalkulasi BMI-nya adalah seperti berikut:

BMI = 50 dibagi (160/100)² = 50 : 2,56 = 19,53

Catatan: Bila hasil perhitungannya dibawah 17, orang tersebut dikatakan underweight. Bila angkanya pada 18 sampai 21, maka indeks massa tubuhnya normal. Bila angkanya diatas 25, orang tersebut overweight, serta bila diatas 29 berarti orang tersebut telah alami obesitas.

Underweight
Underweight atau berat badan di bawah normal dapat dikarenakan oleh banyak hal, layaknya faktor genetik, mengalami penyakit spesifik (contohnya diabetes), kekurangan nutrisi, atau secara alami bermasalah dengan pola makan layaknya anoreksia maupun bulimia. Supaya berat badan dapat kembali normal, hal pertama yang perlu dikerjakan adalah mengetahui apa sebenarnya pemicunya, contohnya bila nyatanya orang tersebut alami anoreksia atau diabetes, masalah tersebut mesti disembuhkan terlebih dulu.

Normal weight
Pertahankan berat badan yang normal dengan menjaga asupan gizi pada tubuh anda. konsumsilah protein, lemak serta karbohidrat secukupnya, perbanyak makan sayuran, buah, serta banyak minum air putih, sekurang-kurangnya 8 gelas 1 hari. Air sangat diperlukan, dikarenakan 90% tubuh terdiri dari air. Dengan jumlah air yang cukup, lambung dapat merespon memberikan rasa kenyang, sehingga dapat menolong menghimpit selera makan.

Olahraga serta istirahat yang cukup juga dibutuhkan. Istirahat yang baik adalah dengan tidur nyenyak 5-8 jam pada malam hari. Bila anda mendengkur waktu tidur atau kerap terbangun, berarti tidur anda kurang berkwalitas. Jauhi tidur sampai larut malam dikarenakan justru dapat membuat tubuh jadi gemuk, dikarenakan metabolisme tubuh anda yang semestinya beristirahat, jadi bekerja.

Overweight serta obese
Kegemukan dimulai dengan pola makan yang tidak sehat, contohnya terlampau banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein hewani (layaknya daging merah) serta yang tinggi karbohidrat (layaknya nasi, mi, serta pasta).

Bila anda mengalami berlebihan berat badan, segera turunkan dengan perlahan serta bertahap. yang sangat mutlak yaitu dengan melindungi pola makan, yakni kurangi karbohidrat, konsumsi semakin banyak serat, banyak minum air putih, serta berolahraga dengan teratur.

No comments:

Post a Comment