Wednesday, May 15, 2013

Penemuan Api Misterius Di New York Yang Tidak Pernah Padam Padahal Letaknya Di Dalam Air Terjun

Api Misterius Ditemukan Di New York dan Tidak Pernah Padam Padahal Letaknya di Dalam Air Terjun
Misteri menyelimuti New York. Dimana terdapat api abadi (eternal flame) yang tidak pernah padam dan tidak tau dari mana asalnya. Selama bertahun-tahun, ilmuwan berpikir jika eternal flame tersebut terus menyala karena produksi gas, dari batu yang sangat panas.
Namun, peneliti dari Indiana University telah menemukan bahwa batu-batu di bawah Chestnut Ridge County Park tidak cukup panas untuk menghasilkan gas ini, yang berarti ada proses lain yang mana menghasilkan gas yang selalu menyala. Dan mereka belum bisa mengidentifikasi proses apakah yang terjadi di sini.
Eternal flame ini terletak di dalam sebuah air terjun di sebelah barat New York. Penduduk asli Amerika mengatakan bahwa api ini sudah menyala selama ribuan tahun. Ada banyak eternal flame alami di seluruh dunia, dan masing-masing terjadi akibat aktivitas batu dibawahnya yang mengeluarkan gas.

Gas yang diduga penyebab api itu adalah batuan kuno yang sangat panas disebut serpih. Namun, Arndt Schimmelmann dan peneliti dari Indiana University menemukan bahwa batuan bawah api di New York tidak cukup panas untuk menghasilkan reaksi ini.
Schimmelmann mengatakan kepada Our Amazing Planet bahwa batu yang ada di bawah eternal flame ini tidak cukup panas, bahkan suhunya hanya sekitar suhu secangkir teh panas. Dan lagi serpih yang ada di sana umurnya tidak setua yang telah diperkirakan sebelumnya.
Faktor-faktor ini memperkuat bahwa serpih ini tidak dapat memproduksi gas sehingga menimbulkan api sama seperti eternal-eternal flame di seluruh dunia. Dan para peneliti mengaku mereka tidak yakin persis bagaimana gas di New York ini diproduksi.

Schimmelmann mengatakan mungkin saja ada cara lain sehingga batuan ini dapat menimbulkan api dan itu juga berasal dari tempat lain sumbernya. "Jika itu benar, dan gas secara alami diproduksi dengan cara ini di lokasi lain, kberarti kita memiliki lebih banyak sumber daya serpih gas dari yang kita duga," tambahnya. 

Suhu, dikatakan dekat titik didih air atau panas, memecah molekul karbon dalam serpih dan reaksi ini memberikan dari gas alam. Schimmelmann dan rekannya Maria Mastalerz membuat penemuan ketika mereka sedang mempelajari jumlah metana yang dihasilkan oleh tanah di sepanjang pantai timur Amerika.
Eternal flame di New York tidak pernah padam

Lokasi Eternal Flame

Mereka juga melihat adanya lubang pembakaran permanen di Cook Forest State Park di barat laut Pennsylvania, meskipun api abadi ini didorong oleh gas sumur tua. Tim melaporkan temuan mereka dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Mei jurnal Marine dan Petroleum Geology. Para peneliti juga menemukan bahwa gas di New York ini juga dilengkapi kandungan etana dan propana dengan konsentrasi tertinggi dari tiap resapan di dunia.
Kandungan metana di dalam batuan api

(dailymail)

No comments:

Post a Comment