Saturday, May 25, 2013

Misteri Beberapa Dekade Mengapa Pinguin Tidak Dapat Terbang Telah Terpecahkan

Misteri Beberapa Dekade Mengapa Pinguin Tidak Dapat Terbang Telah Terpecahkan
Misteri mengapa pinguin tidak dapat terbang telah terpecahkan. Tentunya kita bertanya-tanya mengapa pinguin yang hidupnya di kutup (atau lebih banyak di wilayah perairan) malah tidak dapat terbang. Padahal penguin terlihat seperti kawanan burung.
Para peneliti mengatakan pertanyaan mengapa pinguin tidak dapat terbang karena penguin dinyatakan sebagai perenang yang pintar pintar. 

Mereka terbang di atas perairan ketika mencari makan, mengepakkan sayapnya sehingga disinilah terlihat kehebatan si pinguin dalam memanfaatkan sayapnya.

Ketidakberdayaan pingun tidak bisa terbang telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Tapi sekarang sebuah studi guillemots --yang sangat mirip penguin dalam menyelam dan berenang mereka, tapi masih bisa terbang-- menunjukkan tidak ada hal seperti sayap yang baik untuk keduanya.

Para ilmuwan menemukan bahwa guillemots pada Coats Island, Kanada Utara, menggunakan energi secara substansial kurang dari sebagian besar burung lain ketika mereka menyelam.

Tetapi energi yang mereka butuhkan untuk penerbangan adalah yang tertinggi yang pernah dilaporkan untuk burung yang terbang 31 kali lebih besar daripada dikeluarkan saat istirahat.
Profesor John Speakman, dari Aberdeen University, mengatakan: "Seperti banyak orang, saya bertanya-tanya mengapa di bumi mereka kehilangan kemampuan untuk terbang. Temuan kami untuk energi yang dikeluarkan saat menyelam dan berenang dengan guillemots tepat masuk ke dalam prediksi dari model biomekanik."
Dan banyak spekulasi bahwa pinguin telah kehilangan kemampuan terbangnya setelah zaman nenek moyangnya. Mereka lebih berat dibandingkan berat pada zaman leluhurnya. Dan pinguin tidak lagi memiliki tulang berongga, yangs eharusnya pada zaman dulu ada. Burung saat ini mampu terbang sebagian karena fakta bahwa mereka memiliki tulang berongga. 

(dailymail)

No comments:

Post a Comment