Saturday, May 18, 2013

Aneka Kendaraan Canggih Yang Digunakan Dalam Film James Bond Dari Pertama Tayang Hingga Kini (Liputan Ekslusif)

Film mengenai agen spionase Inggris, James Bond, pertama kali tayang dibioskop pada tahun 1962. Sejak sekuel film pertamanya selalu melibatkan wanita-wanita cantik dan tokoh penjahat yang berencana menguasai dunia serta mobil-mobil menarik yang digunakan oleh Bond dengan perlengkapan yang canggih untuk menunjang misinya.
Nah, Museum Beaulieu National Motor di Inggris memiliki sebuah pameran terbaru bernama 'Bond In Motion' yang menampilkan kendaraan-kendaraan James Bond yang paling ikonik selama 50 tahun dan merupakan koleksi kendaraan Bond terbesar yang pernah ada dan dipamerkan dalam satu tempat.

Yuk mari kita simak kendaraan-kendaraan yang pernah digunakan dalam film mengenai agen rahasia tampan nan playboy ini.

1. Kapal Fairey Huntress Speedboat (From Russia With Love - 1963)
Fairey Huntress Speedboat
Speedboat ini pernah digunakan dalam adegan Bond dan Tatiana melarikan diri dari kejaran anggota SPECTRE yang mengejar mereka dengan perahu boat. Kapal ini merupakan kapal canggih di zamannya karena hanya dibuat kurang dari 250 buah di seluruh dunia. Mesinnya menggunakan mesin Ford V8.

2. Aston Martin DB5 (Goldfinger - 1964)
Aston Martin DB5
Merupakan salah satu mobil yang paling diingat yag pernah dibuat. Dalam film ini, DB5 dilengkapi dengan senjata-senjata mesin, bodi anti peluru, plat nomor yang dapat berubah dan kursi lontar penumpang yang diadopsi dari pesawat tempur. Perlengkapan tersebut mmbuat mobil ini lebih berat 136 kg, namun diimbangi dengan mesin bertenaga 330 daya kuda.

3. Rolls Royce Phantom III 1937 (Goldfinger - 1964)
Rolls Royce Phantom III 11937
Rolls milik Auric Goldfinger memiliki nomor rangka 3BU168 dengan model body Barker Sedanca de Ville yang memiliki rahasia yang mengejutkan, karena Goldfinger menyelundupkan emas dari Inggris ke Australia dengan melelehkannya dan membentuk kembali menjadi bentuk panel di mobilnya. Plat nomor AU1 merujuk pada simbol emas pada tabel periodik.

4. Seluncur Penarik Bawah Air (Thunderball - 1965)
Seluncur Penarik Bawah Air
Sekuel James Bond yang keempat, Thunderball, memiliki adegan-adegan bawah air dan pembuat film menggunakan 14 buah seluncur penarik bawah air yang secara khusus dibuat di Miami. Seluncur ini merupakan satu dari dua buah yang masih ada dan salah satunya digunakan saat Largo dan Bond kabur dari pertempuran akhir.

5. "Little Nelie" Copter Alligator (You Only Live Twice - 1967)
Little Nellie Copter Alligator
Kendaraan unik di zamannya ini memiliki ukuran panjang 2.8 m dan berat sekitar 114 kg. 'Little Nellie' memiliki kecepatan maksimum 145 km/jam dan mampu mencapai ketinggian maksimum 5500 m. Dalam film ini, Q membawa Little Nellie ke Jepang di dalam empat koper di mana Bond menggunakan senjata dan misil pencari panas untuk menghancurkan satu skuadron helikopter serbu SPECTRE.

6. Ford Mercury Cougar XR7 428 1969 (On Her Majesty's Secret Service - 1969)
Ford Mercury Cougar XR7 428 1969
Contessa Teresa de Vice mengendarai mobil Mercury Cougar XR7 428 1969 ini untuk menolong Bond untuk melarikan diri dari kejaran anak buah Blofeld saat sebuah aksi kejar-kejaran. Tiga buah mobil Cougar tersebut digunakan dalam proses pembuatan film ini. Dua mobil hancur lebur dalam pembuatan film dan yang satu ini selamat. Mobil ini diperoleh setelah ditemukan oleh seorang penggemar di Swedia.

7. Ford Mustang Mach 1 (Diamonds Are Forever - 1971)
Ford Mustang Mach 1
Adegan yang paling menarik saat aksi kejar-kejaran di Las Vegas adalah Mustang Mach 1 1971 yang berjalan dengan dua roda untuk berkendara di jalan yang sempit. Namun ada juga adegan yang paling diingat, saat mobil hendak keluar dari ujung gang yang sempit dan memiringkan mobilnya untuk kabur dari kejaran musuh. Baru-baru ini telah ditemukan Mustang yang memiliki mesin 7.000 cc Cobra Jet Ram Air dan digunakan juga saat aksi kejar-kejaran di taman.

8. Honda 3 Wheeler Bike (Diamonds Are Forever - 1971)
Honda 3 Wheeler Bike
Saat Bond mencuri sebuah motor roda tiga para penjahat mengejarnya dengan motor Honda ATC 90. Dibuat pada tahun 1970 ke atas, motor tersebut memiliki mesin 90 cc dan menggunakan ban 22 inchi yang mampu mendaki kemiringan hingga 35 derajat. Kendaraan tersebut merupakan pionir dari motor quad saat ini dan hanya lima buah yang digunakan dalam pembuatan film.

9. Escape Bath-O-Sub (Diamonds Are Forever - 1971)
Escape Bath-O-Sub
Kendaraan ini merupakan pengganti saat Blofeld berusaha untuk melarikan diri dari kilang minyaknya pada akhir film. Kendaraan ini dibuat dari fiberglass oleh pembuat mobil George Barris dan harganya $30.000 (sekitar Rp28,38 juta). Versi kedua yang digunakan dicetak dalam semen untuk keperluan syuting adegan di saat Blofeld menggunakannya untuk menyelamatkan diri dari kilang minyak yang hancur.

10. Glastron Jump Boat (Live and Let Die - 1973)
Glastron jump boat
Bond menggunakan Glastron GT-150 ini saat melarikan diri dari kejaran anak buah Kananga. Dalam adegan pengejaran tersebut meliputi aksi lompatan dengan kecepatan 120 km/jam dan sejauh 33,5 meter yang merupakan rekor dunia pada saat itu. 26 kapal Glastron disediakan untuk pembuatan film dan 17 dari mereka hancur, cuma satu buah ini saja yang tersisa. Benar-benar gila!

11. AMC Hornet X (The Man With The Golden Gun - 1974)
AMC Hornet X
Mobil ini dicuri oleh Bond dari dealer AMC di bangkok, Thailand. Sebuah Hornet yang dimodifikasi dengan posisi pengemudi di tengah, untuk distribusi berat beban yang sempurna saat melakukan lompatan memutar.

12. Lotus Esprit "Wet Nellie" (The Spy Who Loved Me - 1977)
Lotus Esprit
Kendaraan canggih ini dikirimkan kepada Bond di Pulau Sardinia, Italia oleh Q. Kehebatan Lotus ini adalah salah satunya mampu berubah menjadi sebuah kapal selam yang dilengkapi dengan rudal anti-pesawat. Beberapa ukuran penuh pelindung tubuh Esprit digunakan untuk adegan saat bertransformasi dan pemandangan bawah air mengesankan saat pembuatan film ini selama empat bulan. Meskipun mobil pengganti hanya mampu melaju dengan kecepatan sepuluh knot, namun saat jalan darat Esprit dapat mencapai kecepatan memukul 96,5 km/jam dalam waktu kurang dari delapan detik dan kecepatan maksimal 210 km/jam.

13. Underwater Spear Gun (The Spy Who Loved Me - 1977)
Underwater Spear Gun
Para pasukan katak musu Bond yang jahat menggunakan senjata tombak penarik untuk memberikan serangan kejut kepada Bond saat ia memata-matai markas Atlantis Stromberg dengan menggunakan 'Wet Nellie' Lotusnya. Tombak asli yang hilang telah dibuat kembali untuk pameran ini.

14. Wet Bike (The Spy Who Loved Me - 1977)
Wet Bike
Kendaraan ini merupakan motor air pertama di dunia. Kendaraan tersebut merupakan sebuah prototype dan menggunakan mesin suzuki 50 tenaga kuda dengan dua tingkat percepatan.

15. Glastron Boat (Moonraker - 1979)
Glasron Boat
Model edisi terbatas kapal boat ini menggunakan cat berwarna perak yang berkilauan dan dilengkapi dengan pelindung anti peluru, ranjau dan torpedo.

16. Citroen 2 CV (For Your Eyes Only - 1981)
Citroen 2 CV
Citroen 2CV ini digunakan dalam adegan kejar-kejaran Bond dengan dua buah Peugeot 504. Mobil tersebut menggunakan mesin 1015 cc dengan tenaga 54 tenaga kuda.

17. Crocodile Mini Submarine (Octopussy - 1983)
Crocodile Mini Submarine
James Bond menggunakan kapal selam buaya ini untuk bisa mendekat ke istana apung musuhnya ini.

18. BD-5J Acrostar (Octopussy - 1983)
Merupakan sebuah pesawat ringan dengan satu kursi penumpang. Perancang pesawat ini adalah Jim Bede dan pertama kali diterbangkan pada 1971 setelah penelitian dan pengembangan selama 10 tahun. Pesawat ini menggunakan mesin jet turbo TRS-18-046 yang dapat mencapai kecepatan hingga 482 km/jam.

19. Tuk-Tuk Taxi (Octopussy - 1983)
Tuk tuk Taxi
Dua buah Bajaj RE tersebut digunakan dalam sebuah adegan kejar-kejaran di jalanan Udaipur, India. Bond dan rekannya yang seorang agen MI6 tengah bersama dalam kendaraan itu saat Gobinda dan anak buahnya mengejar mereka.

Untungnya bajaj yang dikendarai sopir bernama Vijay telah dimodifikasi oleh MI6 dengan mesin Honda yang bertenaga.

20. Underwater Tow Sled (Never Say Never Again - 1983)
Underwater Tow Sled
Alat ini digunakan untuk meluncur di dalam air secara lebih cepat.

21. Rolls-Royce Silver Cloud II (A View To A Kill - 1985)
Rolls-Royce Silver Cloud III
Saat Bond sedang tidak sadarkan diri di dalam mobil tersebut, kendaraan itu didorong masuk ke dalam danau hingga akhirnya tenggelam. Bond berhasil selamat dengan bernafas dari ban mobil yang berisi udara. Mobil ini merupakan model tahun 1962 dan menyandang mesin V8 6,2 liter.

22. Taxi Renault 11 dengan atap yang hilang (A View To A Kill - 1985)
Taxi Renault 11 Yang Atapnya Hilang
Bond menggunakan mobil taksi Renault 1983 ini saat ia berada di Paris dan mengejar penjahat Grace Jone's yang kabur dari menara Eiffel dengan menggunakan parasut.

23. Aston Martin V8 With SFX (The Living Daylights - 1987)
Aston Martin V8
Aston Martin ini dilengkapi dengan sejumlah misil, laser pemotong, kaca anti peluru dan ban berpaku yang dapat digunakan untuk meluncur di lapisan es.

24. Tas Cello (The Living Daylights - 1987)
Tas Cello Stradivarius Kara dan James Bond
Setelah menabrakkan Aston Martin V8 nya ke gundukan salju, Bond mengaktifkan mekanisme penghancuran mobilnya dan menggunakan tas selo Stradivarius milik Kara sebagai kendaraan luncur untuk menuruni tebing dengan kecepatan tinggi untuk menghindari kejaran musuhnya.

25. PIG atau Pipeline Inspection Gauge (The Living Daylights - 1987)
Pipeline Inspection Gauge (PIG)
PIG merupakan alat yang sering digunakan untuk melakukan pembersihan dan pemeriksaan jalur pipa. Namun di film ini Bond menggunakannya untuk mengirim Jenderal Koskov melintasi perbatasan ke Eropa lewat jalur pipa Siberia.

26. Sepeda Motor Cagiva (GoldenEye - 1995)
Cagiva james Bond
Sepeda motor militer Cagiva 600 W16 sangat membantu Bond dalam film GoldenEye mengejar pesawat yang hendak tinggal landas hingga akhirnya Bond berhasil menguasai pesawat.

27. BMW 750i (Tomorrow Never Dies - 1997)
BMW 750i James Bond
Bond menggunakan BMW 750i 1997 ini yang menggunakan mesin berkonfigurasi V12 dan dilengkapi dengan peluncur roket, kaca anti peluru, ban yang anti bocor dan sebuah bodi yang dapat mengeluarkan listrik kejut. BMW ini dapat dikendalikan dari telepon genggam Bond. Benar-benar canggih dan membuat banyak penggemar film James Bond kala itu ternganga.

28. Sepeda Motor BMW R1200 (Tomorrow Never Dies - 1997)
Motor BMW R1200
Motor ini digunakan dalam adegan kejar-kejaran James Bond dan agen Wai Lin saat mereka diborgol bersama pada sepeda motor BMW R1200 1997 C saat mereka melarikan diri dua buah Range Rover dan helikopter melalui kota Ho Chi Minh City, Vietnam.

29. Parahawk Paraglider (The World Is Not Enough - 1999)
Parahawk Paraglider James Bond
Bond meluncur dengan menggunakan alat ski yang bisa membuatnya terbang ini saat ia disergap oleh 4 orang yang menggunakan parasut. 18 buah parasut disiapkan dalam proses pembuatan film dan hanya tersisa beberapa saja. Dari semua parasut yang digunakan, yang digunakan Bond hanya tersisa 2 saja.

30. BMW Z8 (The World Is Not Enough - 1999)
BMW Z8
Mobil BMW amat langka dan model ini khusus dibuat untuk Bond. Mobil BMW Z8 1999 ini bercat warna silver dan memiliki feature seperti bisa dioperasikan dengan menggunakan remote control, memiliki sistem navigasi lengkap dan senjata roket di ventilasi samping. Mobil langka ini membuat James Bond memiliki status istimewa hingga saat ini.

31. Rolls-Royce Silver Shadow II (The World Is Not Enough - 1999)
Rolls-Royce Shadow II
Mobil Rolls-Royce Silver Shadow II ini digunakan oleh musuh Bond yaitu tokoh antagonis Zukovsky. Mobil ini dibuat antara 1977 dan 1980 dan memiliki mesin 6,75 liter V8.

32. Aston Martin V12 Vanquish (Die Another Day - 2002)
Aston Martin Vanquish V12
Supercar Aston Martin V12 Vanquish ini memiliki fitur persenjataan yang diperbaharui dari sekuel film sebelumnya yaitu dilengkapi dengan peluncur roket di bagian depan, senjata pencari target di bagian kap mesin, ban yang bergerigi khusus untuk ngebut di lapisan es dan mempunyai kursi pelontar. Kurang apa  coba?

33. Ice Dragster (Die Another Day - 2002)
Ice Dragster James Bond
Bond datang ke Islandia untuk mencari penjahat bernama Gustav Graves dan meluncur di sepanjang dataran es dengan menggunakan kendaraan yang merupakan ice dragster pertama di dunia yang dibuat khusus untuk film Bond ini. Kecepatan maksimum Ice Dragster ini adalah 521km/jam. Berani coba?

34. Bombardier Skydoo (Die Another Day - 2002)
Bombardier Skydoo James Bond
Meskipun hanya lima buah yang tampil di flm Bond, kendaraan tersebut sebenarnya dibuat sebanyak 14 buah dan berwarna hitam dan kuning, namun kebanyakan rusak parah dan hanya beberapa yang masih utuh. Pada gambar diatas itu salah satu jet ski yang rusak dan komponennya terlepas karena dahsyatnya adegan pembuatan film tersebut.

35. Jaguar XKR (Die Another Day - 2002)
Jaguar XKR James Bond
Mobil ini dilengkapi dengan pelontar roket dan menggunakan penggerak 4 roda (4 WD) sehingga cocok digunakan untuk meluncur di lapisan es yang mendominasi dataran Islandia.

36. Bell Texton Jet Pack (Die Another Day - 2002)
Bell Texton Jet Pack
Bell Texton Jet Pack terdiri dari dua buah tangki yang diisi dengan bahan bakar dan turbin pendorong. Jet tersebut mampu terbang ke udara dengan kecepatan tinggi hingga ketigggian 183m. Jet tersebut pertama kali digunakan oleh Sean Connery dalam film sebelumnya Thunderball, namun juga tampil sebentar di film Die Another Day.

37. Hovercraft (Die Another Day - 2002)
Hovercraft James Bond
Adegan kejar-kejaran melintasi sebuah tambang membuka film James Bond ini. Hovercraft yang lebih besar ukurannya digunakan oleh Colonel Moon saat mengejar Bond yang sedang mengendari hovercraft yang lebih kecil.

38. Switchable Gliider (Die Another Day - 2002)
Switchable Glider James Bond
Bond dan Jinx menggunakan Switchblade tersebut untuk melarikan diri dari sebuah helikopter Chinook pada akhir adegan dalam film. Pesawat yang hanya berbobot 22,5kg dan bentangan sayap sepanjang 2,43m tersebut dapat mencapai kecepatan hingga 321km/jam.

39. Ford Thunderbird 2002 (Die Another Day - 2002)
Ford Thunderbird 2002
Ford Thunderbird 2002 yang digunakan oleh Jinx ini menyandang mesin 3,9 liter V8 252 tenaga kuda dan memiliki fungsi atap yang dapat dibuka (convertible).

40. Papan Selancar Yang Dilengkapi Senjata (Die Another Day - 2002)
Papan Selancar Senjata James Bond
Papan selancar ini digunakan Bond untuk berselancar mendekati wilayayh Korea Utara (sebenarnya pantai Jaws di Maui) meskipun pada akhirnya adegan di pantai tersebut dibuat di Cornwall. Papan selancar spesial Bond tersebut dilengkapi denga sebuah kotak berisi senjata.

41. Union Jack's Parachute (Die Another Day - 2002)
Union Jack Parachute
Parasut ini digunakan oleh penjahat Gustav Graves untuk mendarat di The Mall di London dari sebuah helikopter.

42. Aston Martin DBS (Casino Royale - 2006)
Aston martin DBS
James Bond masih suka menggunakan Aston dalam petualangannya kali ini di film Casino Royale. Ia menggunakan Aston Martin DBS 2006 dengan kapasitas mesin 5,9 liter V12. Sayangnya, banyak penggemar yang kecewa dengan kurangnya perlengkapan canggih di dalamnya.

43. Aston Martin DBS yang hancur saat berguling-guling di aspal (Casino Royale - 2006)
Aston Martin DBS
Pemeran pengganti memutar terbalik mobilnya pada kecepatan 121km/jam di pusat pengujian Millbrook di Bedfordshire dan mengukuhkan rekor mobil yang paling banyak berputar dengan jumlah tujuh putaran. Adegan tersebut kemudian "ditempelkan" dalam film ini.

44. Pesawat SkyFleet S570 Boeing 747-200B (Casino Royale - 2006)
Pesawat Skyfleet Boeing 747-200B
Dalam film ini pesawat Skyfleet S570 hampir terselamatkan oleh Bond setelah Carlos berusaha untuk memasuki tangki bahan bakar untuk menghancurkan pesawat tersebut. Sebenarnya pesawat yang digunakan tersebut merupakan sebuah Boeing 747-200B yang sudah tidak digunakan lagi.

45. Aston Martin DBS 2008 (Quantum of Solace - 2008)
Aston Martin DBS 2008
Aston Martin DBS 2008 ini adalah salah satu dari 7 mobil Aston Martin tipe ini yang disediakan untuk keperluan pembuatan film Quantum of Solace. Mobil tersebut memuat mesin 5,9 liter 48 valve dengan konfigurasi V12 yang menghasilkan tenaga hingga 510 tenaga kuda dan torsi 420lb ft.
Aston Martin DBS
Mobil ini banyak yang rusak parah, seperti misalnya pada gambar diatas yang hancur saat adegan kejar-kejaran di Siena pada permulaan film.

46. Dirt Bike Montessa Cota 4RT (Quantum of Solace - 2008)
Dirt Bike Montessa Cota $RT
Saat James Bond melihat Camille sedang berada dalam masalah di pelabuhan, ia pun melompat ke Montesa Cota 4RT untuk menyelamatkannya. Sepeda motor tersebut diproduksi oleh anak perusahaan Honda di Spanyol, Montesa yaitu Honda.

47. Ford KA (Quantum of Solace - 2008)
Ford KA
Model mobil Ford KA 2008 tersebut dikendarai oleh Camille, namun hanya sebentar saja. Mobil tersebut berwarna emas metalik dengan grafik yang unik dan dibuat oleh tim perancang Ford di Eropa.

(dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment