Monday, April 29, 2013

Saat Yang Diburu Menjadi Pemburu, Aksi Dalam Photo Yang Memberikan Inspirasi

Saat Yang Diburu Menjadi Pemburu, Aksi Dalam Photo Yang Memberikan Inspirasi
Ketika makan malam berada di depan mata, di padang rumput dengan sinar matahari terik menjelang senja di Kenya Maasai Mara, pasti akan terserat untuk menuntaskan perburuan hari ini dengan satu pengejaran yang mudah, tetapi ternyata tidak semudah yang terpikirkan.
Itulah yang terjadi, terekam dari sebuah kamera profesional dimana seekor Cheetah melewatkan makan malamnya yang lepas.

Kejadiannya ketika seekor Cheetah mencoba untuk memburu seekor rusa kutub muda yang berani beredar di kawasan kekuasaan sang predator.

Gambar-gambar karya fotografer Inggris Manoj Shah menunjukan sang rusa muda memeberikan perlawanan kepada sang Cheetah dengan cara menanduknya.

Manoj mengatakan :’sang ceetah sudah terbiasa berburu tetapi tidak pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya, meniru perkataan para peneliti yang ikut dalam rombongannya.’ Tambahnya.

“aku mengambil gambar ketika ia msh duduk dengan gerombolannya, berada di gundukan kecil membuat sang predator bebas melihat mangsa apa saja yang lewat ataupun berada di daerah kekuasaannya”. Katanya.

“posisi ini sangat strategis mengingat rumput di daerah tersebut sangat tinggi, sehingga para predator ini harus mencari tempat yang strategis.”

Setelah melihat mangsanya dia ahirnya meninggalkan kawanan dan anak-anaknya untuk mengejar sang mangsa, pelan-pelan berjalan kearah rusa kemudian jarak tinggal 100 m dari san mangsa dia kemudian merubah langkahnya menjadi cepat selayaknya para kucing raksasa ini mengejar mangsanya”.

Seperti diketahui sang ceetah memiliki kecepatan 100 kmph hanya dalam beberapa detik saja.

“para kawanan mangsa kemudian mengetahui bahwa mereka telah menjadi target sang predatot kemudian berpencar menghindari san cheetah, tetapi ada yang tertinggal dari kelompoknya yaa dialah anak rusa kutub, dan ahirnya anak rusa tersebut menjadi sasaran empuk.

“sang cheetah berhasil menggigit paha sang anak rusa, tapisang anak rusa tidak mau menyerah begitu saja, dia langsung berbalik arah kemudian mencoba untuk menanduknya”.

Ternaya usaha tersebut cukup berhasil membuat sang predator lapar takut, walaupun tak segampang itu dia menyerah karena dia kelihatan sedang mencari celang untuk menerkamnya.

Tanduk dan sepakan kaki belakang sangat manjur untuk melawan sang cheetah, terbukti satu sepakan kaki belakang sang cheetah mampu membuatnya tersungkur ke tanah.

cheetah tidak ingin terluka karena jikalau dia cedera itu akan benar-benar berpengarud kepada  keterampilan berburu nya. Jadi dia membiarkan rusa kutub pergi. '
 
• seri ini luar biasa foto-foto menunjukkan ada satu jenis makan malam gratis yang lolos dari sang predator

• cheetah menangkis tanduk rusa kutub ini seperti Menekuk lutut di rumput panjang

• Target Mudah? Anak sapi rusa kutub sedikit lebih lambat dari rusa kutub dewasa dan tampak seperti sasaran empuk

• Bergerak pada kecepatan tertinggi, cheetah menggigit betis rusa kutub

• Dia mencoba untuk berpegang pada rusa kutub seperti itu meronta-ronta mencoba untuk membebaskan diri

  
• rusa kutub ternyata mahir menggunakan tanduk dan cheetah takut dengan upaya-upaya terakhir untuk menyelamatkan diri

• Sebuah pergumulan pecah antara rusa kutub berjuang untuk hidupnya dan cheetah untuk mata pencahariannya

  
• Pasangan ini mengitari satu sama lain, terkunci dalam pertempuran sebagai yang diburu menjadi pemburu

• Luar biasa, cheetah akhirnya menyerah mengejar dan rusa pun melarikan diri

 
• Foto-foto itu diambil oleh fotografer Inggris Manoj Shah dalam pelacakan cheetah selama beberapa hari untuk mempelajari kebiasaan berburu nya

• Shah mengambil gambar saat dia duduk dengan cub pada gundukan rayap. Dengan berada di atas gundukan cheetah bisa memindai savana yang luas dan mudah melihat mangsa apapun

No comments:

Post a Comment